Pemblokiran YouTube di Indonesia (apakah friendster tinggal tunggu waktu?)

11 April 2008 at 10:24 am 8 komentar

Pemblokiran youtubeSudah dengar berita terbaru belakangan ini? Hari ini zizi_heart, kenalan baru saya dari marketbiz tiba tiba memforwardkan sebuah message melalui Y!M yang intinya memberitahukan bahwa pemerintah akan memblok beberapa situs seperti YouTube.com , dan yahoo messenger.

Awalnya tentu saja saya tidak percaya tentang hal ini. Sampai malam ini saat saya lihat berita di seputar indonesia malam. Ternyata youtube emang bener bener di blokir, saya memang taunya agak telat hehehe… kabar yang saya dapet dari blognya vavai si youtube di blok seharusnya sejak sabtu. Ya… karena memang kerjaan saya tidak erat hubungannya dengan youtube. Jadinya telat deh taunya. Tapi semoga nggak telat dalam menulis tentang hal ini di blog saya.

Kabarnya YouTube di blokir dikarenakan beredarnya film fitna yang isinya adalah pembohongan publik yang menyerang Islam. kalo gak tau film fitna ini apa googling aja (moga google blom diblokir hahaha…. pemerintah ISP ngaco).

Saya sendiri nggak pernah nonton yang namanya film fitna ini. Minat aja enggak. Wilder yang mempublikasikannya pun saya gak kenal. Intinya sih, semenjak tau kalo di luaran sana (di dunia bagian lain maksudnya) banyak orang yang gak ngerti tentang Islam, saya santai santai saja kalo ada pembohongan semacam ini. Kenapa? ya… ngapain juga ditanggapin. Biarlah seluruh dunia tau bahwa muslim itu sebenarnya cinta damai dan tidak suka membuat masalah. Dan biar dunia tau bahwa ada ‘pihak-pihak’ lain yang tidak suka dengan Islam membelokkan kebenaran. Toh, Alloh gak tidur πŸ˜‰

Kembali tentang pemblokiran youtube. Terlepas dari alasan alasan yang gak jelas, pemerintah ISP-ISP harusnya tidak childish dalam menyikapi hal hal seperti ini. Memblokir situs youtube nggak akan menyelesaikan masalah atau membatasi efeknya di Indonesia. Kenapa? ya jelas, karena mayoritas orang indonesia agamanya Islam. Mereka tentu gak akan semudah itu percaya dengan film palsu itu. Apalagi tentang film itu sudah hot dan dibicarakan dimana mana. Kalo ada orang Indonesia yang denger tentang film fitna, sebelum tau seperti apa filmnya pasti sudah denger duluan bahwa film bohong itu memang dibuat untuk menyudutkan Islam. So what’s the big deal ?!

Justru dengan membatasi akses ke youtube, pemerintah ISP-ISP telah menunjukkan ketidakdewasaannya. Seperti yang saya jelaskan di paragraf di atas, gak ada keuntungannya dengan memblokir youtube, yang ada hanyalah pemerintah ISP Indonesia yang akan jadi bulan bulanan. Dianggap masyarakat pemerintah ISP itu gak ‘melek’ internet.

Tapi tentu saja, saya tahu pak Nuh yang sekarang menjabat sebagai menkominfo nggak seperti itu. Semoga saja perkiraan saya benar. Soalnya biasanya orang yang sudah memiliki kekuasaan itu godaannya besar, entah godaan atau paksaan pihak pihak tertentu hehehe… Semoga saja pak Nuh bisa menyelesaikan permasalahan ini dengan baik. Oiya, jika anda ingin mendukung petisi untuk membatalkan pemblokiran, klik disini. Pasang juga banner ini di blog atau situs anda untuk mendukung petisi pembatalan blokir youtube.

Setelah memasang banner, silahkan taruh komentar anda jika anda mau, biar pemerintah tahu penolakan masyarakat terhadap pemblokiran youtube (dan tidak menutup kemungkinan situs situs lainnya),

Act now! sebelum pemerintah banyak ISP kebablasan dan memblokir friendster, wikipedia, google, dan mungkin… koneksi internet itu sendiri…

Karena para ISP sudah menyadari salah persepsinya dari surat edaran pemerintah, dan youtube sudah dibuka kembali aksesnya, banner dan petisinya nggak usah dihiraukan lagi πŸ™‚

Just another event in my life

(edited: 13:45 12/4/08 )

Iklan

Entry filed under: Islam, My Mind, Pengumuman. Tags: , , , .

in-Jury-time Jogja….. Jogja…. JOGJAA.!!

8 Komentar Add your own

  • 1. abasosay  |  11 April 2008 pukul 2:04 pm

    Maaf, tapi yang akan diblokir dari ISP mana ya? Ini berita baru. Soalnya baru kemarin saya posting Sudah Unlock Lagi.

    Balas
  • 2. abasosay  |  11 April 2008 pukul 2:05 pm

    Eh iya. Terima kasih dan salam kenal. :mrgreen:

    Balas
  • 3. Fauzan Abu Ramza  |  11 April 2008 pukul 3:15 pm

    Dari PesatNET pak. masih di blokir. waktu saya post itu juga masih di blok.

    Salam kenal balik πŸ™‚

    Balas
  • 4. abasosay  |  11 April 2008 pukul 7:09 pm

    Mungkin adminnya yang masih berburu url yang harus diblok. Jadi belum ngebongkar blokiran yang sebelumnya.

    Makasih udah mampir. :mrgreen:

    Balas
  • 5. Aswad  |  12 April 2008 pukul 10:55 am

    Ya akhii…
    Barakallohu fiik

    Apa yang antum lakukan? antum berkata yg tidak semestinya tentang penguasa. Jika pemerintah memang benar berniat melakukan hal tersebut sebagai bukti kepedulian terhadap Islam, bukankah ini hal ma’ruf? Bukankah YouTube itu ‘alal gholib lebih banyak maksiat dari pada maslahatnya? Aurot banyak ditayangkan disana.Bukankah keputusan pemerintah ini adalah ma’ruf? Apakah akhi lupa kita dilarang menentang pemerintah pada perkara ma’ruf?
    Apakah akhi lupa nasehat Rasulullah “Barang siapa marah kepada penguasanya ttg suatu hal maka bersabarlah, barang siapa menentang penguasa lalu mati maka ia mati seperti orang jahiliyyah” (Muttafaqun’alaihi)
    Apakah akhi lupa thoriqoh dalam menasehati penguasa? Menarik tangannya dan bicara empat mata. Bukan dengan membicarakannya di depan orang-orang. Andaikankoneksi internet pun diblokir, tetap harom menentang penguasa. Bukankah akhi ingat hadits yg mulia:
    β€œHendaknya engkau mendengar dan menaati penguasa tersebut walaupun punggungmu dicambuk dan hartamu dirampas olehnya, maka dengarkanlah (perintahnya) dan taatilah (dia).” (HR. Muslim)
    Akhi, kau banyak berubah…

    Balas
  • 6. Fauzan Abu Ramza  |  12 April 2008 pukul 2:28 pm

    Wah syukron atas komentar dan masukannya.

    Sebenarnya, setelah dicari tahu lebih lanjut surat edaran yang menyebabkan diputusnya koneksi ke youtube itu tidak spesifik menyebutkan situs situs mana saja yang harus diblok.

    Jadi tudingan saya salah alamat. Yang sebenarnya bertanggung jawab atas hal diatas adalah ISP ISP yang mensalah artikan surat edaran dari pemerintah. ATAU ada oknum oknum yang menyebabkan salah interpretasi dari surat edaran tersebut.

    Mengenai YouTube yang banyak maksiat daripada maslahatnya, ana gak bisa komentar demikian. Sama seperti perkuliahan, televisi, internet, angkutan umum, sekolah, bahkan perdagangan (pasar, modern ataupun tradisional) semuanya bisa dianggap sebagai banyak mudharat dibanding maslahatnya kalo mengacu pada definisi antum.

    Kenyataannya, hal hal tersebut tidak bisa dibendung perkembangannya. Begitu juga dengan teknologi informasi dan perkembangan lainnya. Membungkan dan menghambat perkembangannya (anggaplah masyarakat menyetujuinya) hanya akan mendatangkan dampak buruk secara jangka panjang.

    Dan kalo melihat banyak maksiat daripada maslahatnya, google malah lebih banyak bukan akh? Tapi kalo yang diblok friendster, saya setuju πŸ˜€

    Namun kenyataannya, dari dampak adanya film fitna itu, paling tidak ada Orang orang yang masuk Islam disebabkan karenanya. Dan seandainya ingin membuat kapok pembuat film ini, akan lebih baik kalo kita melakukan hal yang tidak disukai oleh dia. Sudah tahu kan bahwa perusahaan-perusahaan di Belanda mengancam akan menuntut Wilder seandainya terjadi embargo atas produk produk belanda (shell dan unilever dari belanda kan?). Tuh, ada cara yang efektif πŸ˜‰

    Seandainya pemerintah memblokir internet, tentu saya nggak akan menentang. Saya kemungkinan besar akan pindah hehehe…

    Secara keseluruhan, saya tahu niat baik pemerintah dalam hal ini. Dan seperti yang saya tulis diatas tuduhan dan ‘kecaman’ yang saya tujukan salah alamat.

    Walaupun begitu, saya doakan semoga pemerintah tetap dapat melihat kasus kasus sperti ini dari segala sisi dan memilih jalan penyelesaian terbaik.

    Syukron sudah diingatkan.

    PS: btw, kalo gak salah beberapa minggu yang lalu saya kirim email ke antum blom dibalas ya?

    Balas
  • 7. YoHang 07  |  14 April 2008 pukul 1:58 am

    Memang jadi beda ya kalau kita tidak boleh ‘melawan’ pemerintah, diganti melawan ISP? Maksud saya, tulisan ‘pemerintah’ itu dicoret kemudian diganti ‘ISP’, trus jadi boleh gitu?

    ISP = menaati pemerintah
    Protes terhadap ISP = protes terhadap pemerintah

    Balas
  • 8. Fauzan Abu Ramza  |  14 April 2008 pukul 10:40 pm

    dari awal nggak ngelawan to pak πŸ™‚

    maksudnya gini. Ternyata setelah saya cari tahu surat edaran pemerintah itu nggak menyebutkan situs blabla.com harus diblok dst.

    hanya saja, pihak ISP itu menafsirkan sampai akhirnya youtube di blok. Info lengkapnya sudah ada di detik.com sepertinya πŸ™‚

    Btw, trima kasih udah mampir pak YoHang

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Paling Baru

Member of

Busana Muslim Image

Langganan Yuk!

Busana Muslim Image


%d blogger menyukai ini: