Menjawab Pertanyaan Pengunjung PernikMuslim.com

24 Februari 2008 at 7:51 am 1 komentar

PernikMuslim.com

Beberapa hari yang lalu, PernikMuslim.com mendapatkan email yang bunyinya seperti ini,

Assalamualaykum…

Bapak / Ibu moderator pernikmuslim.com, saya salah satu mahasiswa di universitas swasta di jakarta. Kebetulan saya memperoleh tugas untuk mencari model bisnis online ( e-commerce ). Setelah saya cari² di Google, saya cukup tertarik dengan model bisnis pernikmuslim.com yang menurut saya sangat sukses di dunia maya ini.
Kalau boleh, saya bisa minta info mengenai jenis produk yang ditawarkan, segmen konsumen yg menjadi target pemasaran, kiat yg dilakukan sehingga konsumen percaya dengan pernikmuslim.com, dan dari mana awalnya pernikmuslim.com memperoleh dana awalnya. Serta bagaiman prospek bisnis kedepannya dilihat dari situasi dan persaingan pasar yg ada sekarang. Terima Kasih

Wassalamualaykum…

Devy Fatmawati

Terima kasih banyak sebelumnya untuk Saudari Devy atas emailnya. Mohon maaf sebelumnya karena baru bisa saya tindak lanjuti sekarang mengingat kesoksibukan saya 🙂

Mengenai pertanyaannya, untuk jenis produk yang ditawarkan, meliputi semua kebutuhan muslim. Sesuai dengan tag line “One Stop e-Muslim Shop”, PernikMuslim.com berusaha menyediakan seluruh kebutuhan muslim dalam satu tempat.

Kemudian mengenai Segmentasi konsumen, kami menyasar muslim/muslimah yang ingin menghemat waktu atau tidak punya cukup waktu untuk berbelanja dengan cara konvensional, atau pada mereka yang ingin mencoba gaya belanja yang baru melalui internet. Selain itu juga muslim/muslimah yang kesulitan mendapatkan keperluan muslimnya karena di daerahnya sulit ditemukan. Dan Alhamdulillah, kami dapat membantu banyak saudara semuslim untuk memenuhi kebutuhannya.

Nah, untuk mendapatkan kepercayaan. Ini yang agak rumit jawabannya. Karena ranah internet adalah low trust society, sehingga kita tidak dapat mendapatkan kepercayaan dengan mudah. Dan seperti yang telah saya tuliskan di sini, banyak faktor yang harus diperhatikan dan banyak hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kepercayaan customer online. Intinya adalah, kita mencoba jujur dan melakukan apa yang terbaik untuk para pelanggan kami. Dan alhamdulillah, perlahan namun pasti, kami mendapatkan kepercayaan dari para customer kami.

Selanjutnya mengenai dana awal, karena bisnis ini dirintis dari nol, saya hanya mempergunakan dana pribadi saja. Dan karena memang saat awal berdiri saya sendiri yang melakukan semua aktifitas. Mulai dari scan data buku, foto produk, update produk, mengepak pesanan customer, mengirimkan ke kurir, sampai menangani pertanyaan dan keluhan (jagoan banget waktu itu hehehe…), semua saya lakukan sendirian dibantu oleh Istri saya. Dan karenanya, kami tidak membutuhkan banyak dana awalnya.

Untuk prospek kedepannya, saya yakin prospeknya cerah sekali. Perlahan tapi pasti, budaya belanja online semakin di kenal. Dan mulai banyak orang orang yang tidak punya cukup waktu untuk berbelanja secara konvensional. Selain itu, seiring dengan bertambahnya customer PernikMuslim.com, saya yakin bargaining power dengan supplier akan lebih kuat yang pada akhirnya kami akan mampu menyediakan barang barang dengan lebih murah 😉

Semoga bisa menjawab semua pertanyaannya ya mbak Devy.

Entry filed under: Bisnis, PernikMuslim. Tags: , , , .

Toko Online Anda Tidak Menghasilkan penjualan? Been a while… (WARNING EXPLICIT CONTENT!!!)

1 Komentar Add your own

  • 1. Devy Fatmawati  |  25 Februari 2008 pukul 7:53 am

    Assalamualaykum…

    Terima Kasih sebelumnya telah bersedia menjawab semua pertanyaannya. alhamdulillah saya sangat puas sekali dengan jawaban Bapak Abu Ramza.

    Semoga kedepannya pernikmuslim.com ini bisa menjadi lebih sukses dan mendapat pelanggan yg melimpah. Amien.. 🙂

    Wassalamualaykum…

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Paling Baru

Member of

Busana Muslim Image

Langganan Yuk!

Busana Muslim Image


