Pertemuan Perdana SEC Forum

12 Januari 2008 at 11:49 pm Tinggalkan komentar

SECTanggal 9 kemaren, hari yang bisa dibilang bersejarah untuk SEC (Surabaya Entrepreneur Club) yang saya ikuti.

Ya, SEC adalah salah satu dari sekian banyak komunitas bisnis yang saya ikuti. Dan kebetulan saya sebagai pemilik PernikMuslim.com dan DheZign.com diamanahi jadi salah satu pengurus disana. Bersama dengan beberapa rekan lain yang sudah saya kenal sebelumnya.

Kenapa saya bilang bersejarah? Karena sejak kasus tahun 2007 yang lalu, dan semenjak ganti kepengurusan dengan kepengurusan yang sekarang, pertemuan kemarin adalah pertemuan edisi perdana. Karena perdana, bisa dibilang cukup bersejarah dong 😉

Selain itu, acaranya lumayan seru, temanya kemaren tentang pajak. Yang pasti yang berhubungan dengan pengusaha. Yang mbawain materinya pak Tomi, konsultan pajak, dan beliau bawain materinya TOP abiz 😀

Yang datang ada sekitar 40 orang, lokasinya di kantornya pak Mudji, direktur utama MDtrans (salah satu pengurus juga). Jamuannya? Bubur manis dari pak Mudji (wenak tenan), dan selain itu, ada juga telo yang dibentuk bulat bulat dan digoreng crisp. Pertama pas nggigit sih kesannya biasa aja, tapi begitu sampe bagian tengah…. langsung netes gula jawa cairnya hmm…… SUEDEP! Dan berhubung saya ingin melatih daya imajinasi anda, saya tidak mencantumkan fotonya satupun 😉 ini cuma alasan, sebenernya saya gak bawa kamera jadi gak bisa motret makanannya

hehe…. malah ngomongin makanannya, oiya, sampe lupa nyebutin, Pak Agus, Vitabean, juga menyumbangkan produk prototipnya, sari kedele yang dikemas di gelas aqua. Tapi berhubung saya nggak begitu suka sama sari kedele, saya nggak bisa cerita karena nggak ikut nyruput.

Kembali ke laptop pajak, ternyata banyak diantara yang hadir kemaren belum punya NPWP (psss..t termasuk saya ini). Udah gitu saya pas duduk di sebelah pembicaranya kan jadi gimanaaa….. gitu. Beliau menjelaskan konsep dasar pajak, apa gunanya pajak, seperti apa kondisi negara saat ini.

Beliau bercerita bahwa, ternyata, hampir 80% dari kas negara saat ini diperoleh dari pajak. Beda dengan dulu, Indonesia adalah negara yang kasnya melimpah karena expor migas. Sekarang negri ini terpuruk karena mis manajemen. Sehingga sampai harus menggantungkan pendapatannya pada pajak.

Nah, karena ketergantungan negara pada pajak yang begitu besar, negara sudah pasti mengalokasikan resource yang cukup besar untuk meningkatkan pemasukan dari sektor ini (pajak). Makanya sekarang, pemerintah sedang gencar gencarnya mewajibkan para warga negara dan penduduknya untuk memiliki NPWP dan membayar pajak.

Dan kabarnya, 2008 ini adalah awalan untuk hal itu semua. Jadi kalo belum punya NPWP segera aja bikin. Syaratnya cuma bawa KTP, KSK, sama surat keterangan domisili (ini nanya ke pak RT cara bikinnya) ke kantor pajak terdekat.

Saran pak Tomi kemarin, sebaiknya kita jujur pada negara dalam membayar pajak. Karena kalo kita menghindar dan terus menerus lari, kita sendiri yang akan menjadi repot ujung ujungnya. Selain itu, ternyata memang benar, banyak trik trik yang bisa dilakukan untuk mengurangi pajak oleh seorang pengusaha. Dengan cara yang legal tentunya.

Nah, setelah puas mendengarkan wejangan dan sharing dari pak Tomi, acara dilanjutkan dengan sesi promosi. Ada rekan dari bank Permata yang menawarkan mesin EDC untuk gesek kartu pada rekan rekan. Karena saya nggak berminat, jadi saya menghabiskan waktu ini untuk terus berkonsultasi nanya nanya sama pak Tomi tentang cara menghitung pajak.

Setelah sesi promosi, sampai pada ujung acara. Sesi bebas ini digunakan dengan sebebas bebasnya. Gak ada batas waktu. Kebanyakan saling ngobrol untuk memperluas wawasan dan relasi. Dan temen temen akhirnya masih berangkat lagi ditraktir makan oleh pak Syamsul (terminal jasa).

Sedang saya dan pak Samurai (ketua SEC) , ban kami agak kempes. Karena khawatir bocor akhirnya malam malam nyari tukang tambal ban. Bayangkan, pas waktu itu jam 1 malam. Malah sampe harus mbangunin tukang tambal ban lo hahaha….

Alhamdulillah, ternyata ban kami nggak bocor, jadi tinggal diisi angin trus kami berdua pulang. Hari yang panjang dan melelahkan untuk saya. Namun kelelahan ini nggak berarti dibandingkan apa yang saya dapat hari itu 🙂

Entry filed under: Bisnis, My Mind. Tags: , , , .

Tahun Baru? Pengguna Internet Naik 40% Tahun Lalu

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Paling Baru

Member of

Busana Muslim Image

Langganan Yuk!

Busana Muslim Image


