Tahun Baru?

3 Januari 2008 at 9:58 pm Tinggalkan komentar

tanda tanyaTanggal 3…

Tahun baru kemaren, saya sedang menginap di rumah nenek saya. Alhamdulillah, walaupun beliau sudah sepuh, tapi masih sehat. Dateng sampe sana jam setengah sepuluh malem. Byuh, jalanan di Surabaya macet dan rame gak karu-karuan. Apakah karena waktu itu lagi malam tahun baru?

Membahas mengenai tahun baru, saya sebenarnya kurang paham kenapa kok sebagian besar dari manusia di bumi ini merayakannya. Karena saya nggak melihat adanya sesuatupun yang istimewa dari hari ini dibanding hari lainnya.

Kalo merayakan hari besar agama memang sudah ada syariat dan tuntunannya, lha kalo tahun baru? Saya pribadi masih belum menemukan esensinya. Dan jika melihat cara perayaan sebagian besar umat manusia di dunia, amat sangat percuma dan buang buang.

Jangan heran kalo di negara permisiv, new year eve (malam tahun baru) sering dilewati dengan mengadakan pesta sex. Kalo yang masih sedikit ‘beradab’, mabuk-mabukan di diskotik. Tingkatan yang lebih baik lagi, joget bersama di acara gelaran musik umum. Yang selanjutnya, ‘trek-trekan’ atau keliling kota semalaman sambil tiup tiup terompet like there’s no tomorrow. Yang terakhir, nonton acara tahun baruan yang ditayangkan di tivi di rumah.

Lalu apa sebenarnya makna tahun baru ini kalo perayaannya saja seperti itu?

Apakah membuat resolusi? Membuat resolusi nggak harus nunggu tahun baru kan? Apakah berintrospeksi atas kesalahan dan kekurangan yang sudah lalu? kenapa harus pas tahun baru? Bukankah akan jauh lebih baik jika itu semua dilakukan segera?

Selain itu, dalam agama Islam, semakin tua umur dunia sudah sunnatullah bahwa akhlak dan kelakuan manusia semakin menjadi-jadi. Maksiat makin banyak, kiamat makin dekat. Kalo menurut saya, hal ini bukanlah sesuatu yang patut dirayakan.

Lalu saya sendiri? Saya menghabiskan malam tahun baru sama seperti saya menikmati malam malam lainnya… yaitu menjalankan hobi saya, seputar baca, istirahat, tidur. Nothing more, nothing less….

Anda?

Entry filed under: My Mind. Tags: , , .

Ternyata Saya Tipe Personality Langka di Dunia! Pertemuan Perdana SEC Forum

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Paling Baru

Member of

Busana Muslim Image

Langganan Yuk!

Busana Muslim Image


