Jual OnLine Vs Jual OffLine

27 Desember 2007 at 4:06 am 2 komentar

PernikMuslim.com

Di sebuah milis, ada salah seorang rekan bertanya tentang tips and trik untuk jualan online.

>DH.Rekan sekalian, saya berencana menawarkan beberapa barang untuk saya jual via internet. Adakah di antara rekan2 yang mengetahui kelemahan2, kendala, maupun tips2 lainnya yang berhubungan dengan berjualan di internet? Kontennya : baju anak + dewasa, sandal, kerajinan rumah tangga, dan software aplikasi hasil kreasi tim saya. Terima kasih sebelumnya.”

Nah, saya posting disini replyan saya supaya terdata dan gak hilang seperti tulisan tulisan saya sebelumnya.

Untuk jualan di internet, ada beberapa hal yang sangat penting untuk diperhatikan.

Dari pengalaman, saya coba sharing perbedaan toko online dan offline.

1. Online : Distrust Environment / Offline : More Trusty Environment

Maksudnya, untuk berjualan di internet dan mendapatkan kepercayaan itu jauh lebih susah dibandingkan buka toko offline/real. Karena di internet yang budayanya ‘tidak percaya’/’banyak tipuan’. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang memilih ambil sikap curiga terlebih dahulu jika mampir ke sebuah situs penjualan/e-commerce. Tentu saja, hal ini sangat dipengaruhi oleh tampilan/desain websitenya, serta sales letter/narasi yang dibawakan.


2. Online : Relatively Low Investment, Lower Turn Around Rate / Offline : Relatively High Investment, Faster Turn Around Rate

Jika dibandingkan dari modal yang harus dikeluarkan, jelas Online JAUH lebih rendah dibandingkan dengan offline. Namun yang perlu diperhatikan adalah, Turn Around / Perputaran untuk bisnis online rata rata relatif jauh lebih lambat dibandingkan offline. Apalagi jika menyasar retail/end user seperti kami.

Namun, Online mempunyai Potensial yang sangat besar dimasa depan. Apalagi jika anda adalah salah satu pionir di bidang tersebut (online). Besar kemungkinan di masa depan, Online akan sangat mendukung dan bahkan sangat mungkin untuk menjadi tulang punggung utama pemasukan bisnis anda, tentu saja jika di manage dengan baik.

3. Online : Less Competitor, Relatively Higher Competition / Offline : More Competitor, Relatively Lower Competition (IMHO)

Mungkin tidak semua orang setuju atas pandangan saya ini 😉 tapi sejauh pengamatan saya, di bidang online (apalagi indonesia) kompetitornya belum banyak, TAPI kompetisinya jauh lebih berat. Kenapa? Di internet kita pernah dengar, “Gratis itu terlalu mahal!” dan itu memang benar. Di internet BANYAK sekali barang gratisan. Dan banyak dari yang gratis gratis itu akhirnya berujung pada Hoax, S.PAM, pencurian CC, dll (baca nomor 1). Karena itu, kita dituntut lebih lihai dan kreatif untuk memenangkan hati visitor website kita.

Sedangkan di Offline, Kompetitornya lebih banyak, namun persaingannya (sekali lagi IMHO) masih lebih ‘wajar’ dibandingkan dengan online.

Nah, kalo yang mau dijual itu barang barang mulai baju sampai kerajinan rumah tangga, akan lebih baik kalo dibuatkan website yang fokus. Jadi JANGAN SEKALI-KALI memasukkan sandal dan software dalam satu website e-commerce. KECUALI website e-commerce anda sudah sangat besar dan dikenal menyediakan segala macam barang barang (seperti http://www.Amazon.com)

Jika masih awal, akan lebih baik untuk fokus pada satu jenis/satu grup barang pada satu website. Karena visitor akan lebih mudah melihat apa isi dan kemana arah website anda. Beda kalo isinya campur aduk. Sama aja sebenarnya sama toko offline, kalo pingin sukses, mbok ya jangan bikin rumah makan yang sekalian jual bahan bangunan. Di online prinsip ini tetap sama.

Untuk promosinya, kalo saya sih dulu awal make SEO (silahkan googling untuk info lebih lanjut). Nah setelah pengunjung lumayan stabil, saya mulai fokus ke customer relation untuk menghandle dan mengirim berita serta update update penting ke customer. Walaupun sampai saat ini SEO dari situs www.PernikMuslim.com tetep saya improve, tapi nggak se getol dulu, karena fokusnya sekarang adalah maintenance pelanggan (dan semoga terjadi getuk tular…amiin.)

Nah, darisini dapat diketahui bahwa, bikin website memang gampang, memang murah. Tapi kalo anda mau website anda sukses, anda butuh lebih dari sekedar ‘tukang’ yang mengerjakan website anda. Anda butuh Web Consultant seperti saya .

Jika butuh quotation tentang investasi yang dibutuhkan untuk membuat website yang tepat sasaran dan mempunyai desain menawan, silahkan kunjungi www.DheZign.com dan kirim email pertanyaan ke email yang tercantum disana. Nggak mesen nggak masalah, yang penting nanya dulu 😉

Itu aja dulu, semoga bermanfaat.

Iklan

Entry filed under: Bisnis, DheZign, PernikMuslim. Tags: , , , , , .

Desain Website yang Bagus Gimana Sih?! (Part-2, Untuk Portal) Ternyata Saya Tipe Personality Langka di Dunia!

2 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Yang Paling Baru

Member of

Busana Muslim Image

Langganan Yuk!

Busana Muslim Image


%d blogger menyukai ini: